Sep 18, 2014

Penilaian Autentik (Authentic Assessment)

Penilaian autentik adalah istilah yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. Sekaligus, mengekspresikan pengetahuan dan keterampilannya dengan cara mensimulasikan situasi yang dapat ditemui di dalam dunia nyata di luar lingkungan sekolah (Hymes, 1991). Dalam hal ini adalah simulasi yang dapat mengekspresikan prestasi (performance) siswa yang ditemui di dalam praktik dunia nyata. (Wikipedia)

Penilaian autentik sering digambarkan sebagai penilaian atas perkembangan peserta didik karena berfokus pada kemampuan mereka berkembang untuk belajar bagaimana belajar tentang subjek. Penilaian autentik harus menggambarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan apa yang sudah atau belum dimiliki oleh peserta didik, bagaimana mereka menerapkan pengetahuannya, dalam hal apa mereka sudah atau belum mampu menerapkan perolehan belajar, dan sebagainya. Atas dasar itu, guru dapat mengidentifikasi  materi apa yang sudah layak dilanjutkan dan untuk materi apa pula kegiatan remidial harus dilakukan. (Wikipedia)

Prinsip-prinsip Penilaian Autentik

  • Keeping track, penilaian otentik mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan.
  • Checking up, penilaian otentik mampu mengecek ketercapaian kemampuan siswa dalam proses pembelajaran.
  • Finding out, penilaian harus mampu mencari dan menemukan serta mendeteksi kesalahan-kesalahan yang menyebabkan terjadinya kelemahan dalam proses pembelajaran
  • Summing up, penilaian harus mampu menyimpulkan apakah peserta didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan. (m-edukasi.web.id)
Jenis-jenis Penilaian Autentik:
Ada beberapa jenis penilaian autentik yang harus dilakukan oleh guru adalah:
  1. Penilaian Sikap - dapat dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal.
  2. Penilaian Pengetahuan - dapat dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
  3. Penilaian Keterampilan - dilakukan melalui penilaian kinerja, proses, dan portopolio.

Artikel Terkait

Download RPP merupakan portal pendidikan yang menyediakan kumpulan perangkat pembelajaran (RPP, Silabus, LKS, Media, dll) untuk semua jenjang SD, SMP, dan SMA. Pastikan linknya www.contohrpp.com

Bijaklah berkomentar dengan topik yang relevan
EmoticonEmoticon